Header Ads

Renyahnya Kripik Tempe “Barokah”

Selain dijadikan sebagai pelengkap makanan utama, tempe juga dikenal sebagai jajanan tradisional yang lezat dan sehat. Tempe selain menjadi pelengkap ketika makan nasi, tempe juga biasa dijadikan sebagai cemilan yang sehat dan enak.

Tempe biasanya digoreng pakai tepung untuk dijadikan lauk pada makanan. Tetapi ada beberapa orang yang menjadikannya sebagai keripik. Camilan ini banyak dijumpai di beberapa kota yang ada di Jawa Timur, seperti Ngawi dan Malang.

Di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi terdapat pengusaha keripik tempe. Keripik tempe “Barokah” yang diproduksi disini memiliki bentuk yang berbeda dari yang biasanya. Disini keripik tempe berbentuk bulat tipis, dengan bijih kedelai yang padat, dan digoreng tidak menggunakan tepung. Sehingga menghasilkan kripik tempe yang renyah, gurih, lezat, dan tidak keras.

Kripik tempe yang diproduksi memiliki rasa asli tempe. Tetapi kedepannya kami akan membuat variasi rasa untuk produk kripik tempe kami. Sehingga nantinya akan memperluas peminat keripik tempe produksi kami. Keripik tempe “Barokah” yang diproduksi di Desa Tempuran tentu saja sudah memperolah izin P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga). Untuk saat ini keripik tempe yang diproduksi masih didistribusikan di seputar Ngawi saja, dikarenakan banyaknya permintaan sehingga kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar.

Artikel KKN UNS 2016 di Desa Tempuran

No comments