Header Ads

Ketua Dewan Serap Aspirasi Warga

Jelang sidang pertama, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Ngawi menggelar reses di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Dwi Rianto Jatmiko selaku Ketua DPRD Ngawi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menggelar reses di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Ngawi yang merupakan dapil 4. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat, Anggota TP PKK, Kepala Desa Tempuran Muhaji, Camat Paron Setiyono, Kepala Dinas PUPR Ngawi Hadi Suroso. Rabu, (05/04).

Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB itu dilaksanakan di kantor Desa Tempuran, Kecamatan Paron. Dwi Rianto Jatmiko yang akrab disapa Antok mengatakan, bahwa tujuan reses yaitu dalam rangka mempertangungjawabkan apa yang telah diamanahkan rakyat kepada wakilnya. Disamping itu, kegiatan tersebut bertujuan menyerap aspirasi dan menerima kritikan yang bersifat membangun demi kesejahteraan masyarakat.

Kepada wartawan Antok mengatakan, reses pertama ini dilakukan untuk mendengar langsung aspirasi masyarakat dan menjaring program prioritaa di Desa Tempuran. Sesuai yang disampaikan warga setempat, program prioritas infrastruktur jalan di desa setempat harus segera direalisasikan secara keseluruhan. “Semua anggaran terkait pembangunan infrastruktur jalan sudah masuk tahun ini dan akan segera direalisasikan,” terangnya.

Sebagai bentuk koordinasi antara legislatif dan eksekutif, dalam reses kali ini, Antok melibatkan instansi terkait. Yakni, Dinas PUPR Kabupaten Ngawi yang dinilai dapat membeeikan penjelasan terkait pembangunan jalan didesa setempat maupun secara keseluruhan di Kabupaten Ngawi. “Kami sengaja menggandeng dinas terkait agar warga dapat bertanya secara langsung kepada dinas. Dan penjelasan dinas tadi saya kira dapat diterima oleh masyarakat,” tuturnya.

Dijelaskan Antok, dalam reses ini DPRD perlu menyerap berbagai usulan, aspirasi masyarakat. Ini untuk mendukung kemajuan masyarakat di daerah. Nantinya, aspirasi prioritas dan kebutuhan didesa, akan diteruskan dewan ke pemkab. Dengan begitu diharapkan terakomodir dalam anggaran dan pembangunan secepatnya. “Aspirasi yang belum terealisasikan tahun ini akan kami tampung dan akan kami sampaikan kepada pemkab agar nantinya dapat terakomodir,” jelasnya.

Kepala Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Muhaji saat ditanyai wartawan mengatakan, jika pihaknya bersama semua warga setempat sangat mengapresiasi reses Ketua DPRD Kabupaten Ngawi. Dengan reses tersebut, pihaknya berharap wakil rakyat dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Warga sini sangat sangat mengapresiasi reses ini, karena dengan ini mereka dapat menyampaikan uneg-unegnya. Kami berharap wakil rakyat dapat memperjuangan aspirasi ini,” paparnya.

Sementara menurut pantauan wartawan koran ini, Dwi Rianto Jatmiko terlihat akrab dengan masyarakat desa sepahat dalam rangka menjaring aspirasi dan mendengarkan serta persoalan yang dihadapi masyarakat , dengan harapan dapat di perjuangkan oleh Anggota DPRD Kabupaten Ngawi di dalam APBD Ngawi. Sumber : Koran MEMO

No comments